Gadai BPKB Mobil, Pilih Bank atau Multi Finance ?

Apakah Anda ingin mendapat pinjaman uang dengan jumlah cukup banyak untuk usaha? Atau butuh dana tunai dalam jumlah cukup besar untuk biaya kuliah anak? Apakah Anda punya mobil ? Jika ya, saatnya Anda menggadaikan BPKB mobil Anda. Gadai BPKB mobil adalah cara yang ditempuh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman atau dana tunai dalam jumlah cukup besar untuk memenuhi kebutuhan keuangannya, baik untuk bisnis, pribadi ataupun kebutuhan lainnya. Namun jangan sembarangan memilih tempat gadai BPKB mobil, pilihlah tempat resmi yang menjamin keamanan agunan Anda.

Ada 2 tempat yang dapat Anda gunakan untuk gadai BPKB mobil, yaitu Bank atau Perusahaan Pembiayaan (Multi Finance). Baik Bank maupun Multi Finance memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, berikut penjelasannya :

  1. Waktu Proses

    Proses kerja Perusahaan Finance lebih cepat dari pada Bank. Apabila Anda memilih Perusahaan Finance proses pengajuan hanya dalam 1-2 hari kerja. Prosesnya sudah termasuk collect data, survey, cek fisik mobil dan pencairan pinjaman. Sedangkan Bank membutuhkan waktu 3-4 hari kerja, sebab mewajibkan BI Checking atau cek riwayat perbankkan bagi setiap konsumen yang mengajukan kredit pinjaman. Apabila Anda memiliki riwayat perbankan yang bagus proses akan dilanjutkan. Namun jika riwayat perbankan Anda tidak bagus atau di blacklist sudah pasti proses akan berhenti.

  2. Keamanan

    Bank maupun Perusahaan Finance memiliki standard keamanan yang sama baiknya. Standard keamanan tersebut antara lain :

    • Terjaminnya kerahasiaan data Anda, yaitu data pribadi Anda akan tersimpan aman dan tidak akan disebarkan kepihak lain,
    • Terjaminnya keamanan BPKB mobil, dimana yang menyimpan BPKB mobil Anda adalah Bank atau Perusahaan Finance tersebut dan tidak akan berpindah tangan
    • Terjaminnya keamanan unit mobil, dengan cara mobil Anda diasuransikan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti rusak atau hilang.
  3. Rate/Suku Bunga

    Masing-masing perusahaan Bank maupun Multi Finance memiliki kebijakan sendiri-sendiri mengenai besarnya suku bunga pinjaman yang diterapkan. Besarnya sangat bervariasi tergantung kebijakan manajemen, berkisar antar 0,9% – 2% per bulannya.

  4. Biaya-biaya

    Apabila proses pengajuan Anda disetujui / approve, baik Bank atau Multi Finance yang Anda pilih akan memberikan rincian biaya-biaya yang harus dipenuhi. Rincian biaya tersebut antara lain :

    • Bank : biaya provisi, administrasi, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan blokir BPKB mobil. Semua biaya tersebut langsung dipotong dari pinjaman yang dicairkan, sehingga pinjaman yang Anda terima sudah tidak utuh lagi.
    • Multi Finance : biaya administrasi dan biaya asuransi. Semua biaya tersebut tidak dipotong dari pinjaman yang dicairkan, namun digabungkan dalam angsuran setiap bulannya, sehingga pinjaman yang Anda terima utuh. Namun membuat angsuran Multi Finance terlihat lebih besar daripada Bank, padahal tidak, sebenarnya sama saja.
  5. Pelayanan

    Baik Bank maupun Multi Finance sistem pelayanannya sama baiknya. Terbukti dengan banyaknya kantor cabang, system pembayaran online, serta banyaknya penghargaan bergengsi yang diberikan oleh biro riset keuangan kepada Bank atau Perusahaan Finance yang memiliki pelayanan terbaik kepada konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *